Latar
Belakang dan Peranan Komunikasi dalam Dunia Bisnis
1.Latar
Belakang Penyelenggaraan Komunikasi dengan Pasar
2.Konsep
Dasar dan Peranan Komunikasi
Sebagai manusia senantiasa ingin berhubungan dengan
manusia lainya. Rasa ingin tahu itu memaksa manusia untuk berkomunikasi.
Adapula yang mendefinisikan bahwa komunikasi adalah proses dimana suatu ide itu
dialihkan dari sumber kepada penerima atau lebih dengan maksud unuk mengubah
tingkah laku mereka. Perlu kita ketahui bahwa komunikasi adalah alat dan bukan
tujuan. Pada dasarnya konsep dasar komunikasi itu meliputi :
·
Proses Komunikasi yang satu dengan
yang lainn atau dengan kelompok, yang nantinya akan menyebabkan terjadinya
proses encoding ( menjabarkan atau menggantikan ide kedalam bentuk bahasa ) dan
decoding ( menjabarkan dari bentuk bahasa kedalam bentukide).
·
Elemen-elemen komunikasi terdiri dari :
·
Pengirim, penulis, pembicara, pembuat
pesan
·
Pesan
·
Media surat, memo laporan, peta
·
Penerima, pembicara, pendengar, pengamat
3. Motivasi
untuk komunikasi
komunikasi sangat diperlukan dalam meningkatkan keyakinan apa yang kita ketahui.àc.Meningkatkan keyakinan
maksudnya apabila kita berada di situasi yang baruàd.Kontrol situasi maka memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan keaadaan sekitar untuk memahami apa yang sedang terjadi pada situasi ini.
komunikasi sangat diperlukan dalam meningkatkan keyakinan apa yang kita ketahui.àc.Meningkatkan keyakinan
maksudnya apabila kita berada di situasi yang baruàd.Kontrol situasi maka memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan keaadaan sekitar untuk memahami apa yang sedang terjadi pada situasi ini.
dengan adanya balikan maka komunikasi yangàe.Balikan
( fedback ) selama ini berjalan dapat diperbaiki seandainya ada hal-hal
yang kurang baik. Dengan demikian peranan komunikasi itu sangat berpengaruh bagi
berlangsungya kehidupan, dimana Komunikasi merupakan hal yang sangat diperlukan
oleh setiap manusia. Karena dengan berkomunikasi manusia memiliki sifat untuk
saling berhubungan antara satu dengan yang lain. Jika tidak menggunakan
komunikasi antar sesamanya, maka manusia itu akan terisolasi dari dunia yang
semakin canggih dan modern ini.
4. Tujuan Komunikasi
Komunikasi dengan tujuan saling mempengaruhi antara
keduanya untuk saling memberi serta menukar informasi yang didapat dengan orang
lain
Oleh sebab itu Tujuan dari Komunikasi adalah :
1.Untuk saling bersosialisasi dengan baik, serta sebagai motivasi utuk kehidupan
2.Sebagai proses penukaran ide, gagasan, pesan.
3.Mencapai sebuah tujuan
4.Menghindari serta dapat mengatasi konflik pribadi.
5.Komponen–komponen Komunikasi
Oleh sebab itu Tujuan dari Komunikasi adalah :
1.Untuk saling bersosialisasi dengan baik, serta sebagai motivasi utuk kehidupan
2.Sebagai proses penukaran ide, gagasan, pesan.
3.Mencapai sebuah tujuan
4.Menghindari serta dapat mengatasi konflik pribadi.
5.Komponen–komponen Komunikasi
Bila dilihat dari arti komunikasi itu sendiri, maka
Didalam komunikasi terdiri dari beberapa komponen, anatara lain meliputi 5
unsur, kemudian dikenal dengan formula 5 W + 1 H, yaitu :
subyek yang menerima pesan, informasi atau berita.
subyek yang menerima pesan, informasi atau berita.
1. Komunikator = who
[communicator, source, sender]
2. Pesan/berita/warta(message)
alat yang digunakan untuk menyampaiakan pesan
alat yang digunakan untuk menyampaiakan pesan
3. Media/teknologi
yaitu subyek yang menerima ata yang dituju oleh berita yang dikirimkan.
yaitu subyek yang menerima ata yang dituju oleh berita yang dikirimkan.
4. .Komunikan / communicate
5. Efek / respon / tanggapan.
6. Jadi, komunikasi yang baik itu
memiliki ciri yaitu Pesan yang disampaiakan jelas, Penerimaan pesan/warta yang
disampaiakan dalam situasi yang tepat atau siap dan juga Cara yang digunakan
itu lebih efisien. Hal yang paling dari diprhatikan untuk mengukur keberhasilan
proses komunikasi adalah mengetahui bagaimana pengaruhnya terhadap komunikan .
5.Komunikasi
Tatap Muka
Dalam Komunikasi tatap muka sangat penting dalam
berkomunikasi didunia bisnis. Arti dari komunikasi tatap muka itu sendiri
adalah komunikasi yang dilakukan dengan tidak memerlukan alat bantu dalam
menyampaikan informasi tetapi komunikasi itu dilakukan secara langsung dengan
tatap muka / jarak dekat. Cara terbaik dalam mempersiapkan interaksi atau tatap
muka yang baik adalah dengan mengantisipasi baik buruknya reaksi dari apa yang
telah dibicarakan tersebut. Dikatakan komunikasi tatap muka karena dalam. Maka
dalam hal ini komunikan dapat melihat dan mengkaji diri si komunikan secara
langsung. Oleh karena itu komunikasi tatap muka juga sering disebut dengan
komunikasi secara langsung.Keuntungan yang didapat dari komunikasi tatap muka
adalah untuk meningkatkan pemahaman terhadap arti yang tersimpan, sedangkan
Kerugian komunikasi tatap muka adalah memerlukan waktu yang lama..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar