Jumat, 26 April 2013


UNSUR – UNSUR KOMUNIKASI
SUMBER
            Sumber adalah dasar yang digunakan dalam menyampaikan pesan dan digunakan dalam rangka memperkuat pesan itu sendiri. Sumber dapat berupa orang , lembaga, buku, dokumen dan sejenisnya.

KOMUNIKATOR
            Komunikator adalah pihak yang bertindak sebagai pengirim pesan dalam sebuah proses komunikasi. Dengan kata lain, komunikator merupakan seseorang atau sekelompok orang yang berinisiatif untuk menjadi sumber dalam sebuah hubungan. Seorang komunikator tidak hanya berperan dalam menyampaikan pesan kepada penerima, namun juga memberikan respons dan tanggapan, serta menjawab pertanyaan dan masukan yang disampaikan oleh penerima, dan publik yang terkena dampak dari proses komunikasi yang berlangsung, baik secara langsungmaupun tidak langsung.

PESAN
            Pesan adalah keseluruhan dari apa yang disampaikan olehkomunikator. Pesan seharusnya mempunyai inti pesan atau tema sebagaipengaruh di dalam usaha mencoba mengubah sikap dan tingkah lakukomunikan. Pesan dapat disampaikan panjang lebar, namun yang perludiperhatikan dan diarahkan adalah tujuan akhir dari pesan itu sendiri.Pesan (message) terdiri dari dua aspek, yaitu isi pesan (The contentof message) dan lambing/symbol untuk mengekspresikannya. Lambang utama pada komunikasi umumnya adalah bahasa, karena hanya bahasalahyang dapat mengungkapkan pikiran dan perasaan, fakta dan opini hal yangkongkrit dan abstrak, pengalaman yang sudah lalu dan yang akan datangdan sebagainya.Pesan merupakan seperangkat lambang bermakna yangdisampaikan oleh komunikator. Pesan dapat berupa gagasan, pendapatdan sebagainya yang sudah dituangkan dalam suatu bentuk dan melalui lambang komunikasi diteruskan kepada orang lain atau komunikan.

Menurut Hanafi ada tiga factor yang perlu dipertimbangkan dalam pesan,yaitu :
a. Kode pesan, adalah sekumpulan symbol yang dapat disusunsedemikian rupa, sehingga bermakna bagi seseorang.
b. Isi pesan, adalah bahan atau material yang dipilih sumber untukmenyatakan maksudnya.
c. Wujud pesan, adalah keputusan-keputusan yang dibuat sumbermengenai bagaimana cara sebaiknya menyampaikan maksud-maksuddalam bentuk pesan.

Menurut De Vito pesan yang disampaikan mengena padasasarannya, maka suatu pesan harus memenuhi syarat-syarat :
a. Pesan harus direncanakan secara baik-baik, serta sesuai dengankebutuhan kita.
b. Pesan tersebut dapat menggunakan bahasa yang dapat dimengertikedua belah pihak.
c. Pesan harus menarik minat dan kebutuhan pribadi penerima serta menimbulkan kepuasan.


SALURAN / MEDIA
            Saluran adalah Suatu saluran penyampaian pesan, biasa juga disebut dengan Media. Media komunikasi dapat dikategorikandalam dua bagian yaitu, Media Umu dan Media Massa. Media umum adalah Media yang dapat digunakan oleh segala benuk komunikasi. Contohnya : Radio. Sedangkan Media Massa adalah Media yang digunakan  untuk komunikasi massa yang sifatnnya missal. Contohnya : Televisi.

EFEK
            Efek adalah hasil akhir dari suatu komukasi, yaitu sikap dan tingkah laku orang, sesuai atau tidak dengan yang kita inginkan. Apabila sikap dan tingkah laku itu sesuai maka iu berarti komunikasi berhasil, demikian pula sebaliknya. Efek ini sesungguhnya dapat dilihat dari personal opinion, public opinion dan majority opinion.

·         Personal opinion
Pendapat pibadi, hal ini dapat merupakan akibat atau hasil yang diperoleh dari komunikasi. Personal opinion adalah sikap dan pendapat seseorang terhadap sesuatu masalah tertentu.

·         Public opinion
Sering kita artikan sebagai pendapat umum. Pengertiannya adalah penilaian social mengenai sesuatu hal yang penting dan berarti atas dasar pertukaran pikiran yang dilakukan individu secara sadar dan rasional.

·         Majority opinion
Pendapat sebagian terbesar dari public atau masyarakat. Jika kita berbicara tentang opinion atau pendapat makan kita sering mendengar opinion leader. Opinion leader ialah orang yang secara informal membimbing dan mengarahkan suatu opini tertenti kepada masyarakat.

KOMUNIKASI
            Komunikasi dapat kita golongkan dalam tiga jenis yaitu, Personal, Kelompok dan Massa. Dari segi sasarannya maka komunikasi ditujukan atau diarahkan ke dalam komunikai personal, komunikasi kelompok, dan komunikasi massa.

·         Komunikasi Pesonal
Komunikasi yang ditujukan kepada sasarn yang tunggal. Bentuknya bisa tuka pikiran dan sebagainya. Komunikasi personal efektivitasnya paling tinggi karena komunikasinya timbal balik dan terkonsentrasi.

·         Komunikasi Kelompok
Komunikasi yang ditujukan kepada kelompok tertentu. Kelompok tertentu satu adalah suatu kumpulan manusia yang mempunyai hubungan social yang nyata dan memperlihatkan struktur yang nyata pula. Bentuk – bentuk komunikasi kelompok adalah ceramah ,breefing, dll. Komunikasi kelompok lebih efektif dalam pembentukan sikap personal daripada komunikasi massa namun kurang efisien, sebaliknya kurang efektif dibanding dengan komunikasi personal tapi lebih efisien.

·         Komunikassi massa
Komunikasi yang ditujukan kepada massa atau komunikasi yang menggunakan media massa. Massa adalah kumpulan orang – orang yang hubungan antar sosialnya tidak jelas dan tidak mempunyai struktur tertentu. Komunikasi massa sangat efisien karena dapat menjangkau daerah yang luas dan audience yang praktis tak terbatas, namun komunikasi massa tidak kemudian dapat langsung diterima oleh massa, tetapi melalui opinion leader ialah yang kemudian menterjemahkan apa yang disampaikan dalam komunikasi massa itu kepada komunika.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar