Sabtu, 27 April 2013

KOMUNIKASI DALAM BISNIS

           
Komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan, pendapat, informasi, instruksi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol - simbol atau sinyal. Dalam komunikasi bisnis terdapat enam unsur pokok, yaitu:
·         Memiliki tujuan, artinya komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi.
·         Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau lebih yakni komunikator dan komunikan.
·         Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi, dan kondisinya.
·         Menggunakan saluran personal atau impersonal yang mungkin bersifat tatap muka, menggunakan media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
·         Meggunakan simbol atau sinyal yang merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk menyampaikan pesan.
·         Pencapaian tujuan organisasi: salah satu karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari informasi adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.

            Komunikasi Organisasi dapat didefinisikan sebagai pertunjukkan dan penafsiran pesan di antara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian suatu organisasi tertentu. Suatu organisasi terdiri dari dari unit-unit komunikasi dalam hubungan hierarkis antara yang satu dengan lainnya dan berfungsi dalam suatu lingkungan.
Komunikasi organisasi terjadi kapan pun, setidak-tidaknya satu orang yang menduduki suatu jabatan dalam suatu organisasi menafsirkan suatu pertunjukkan. Karena fokusnya adalah komunikasi di antara anggota-anggota suatu organisasi. Analisi komunikasi organisasi menyangkut penelaahan atas banyak transaksi yang terjadi secara simultan.
Di dalam komunikasi organisasi ada proses – prosesnya yaitu :
·         Komunikasi Internal
Pertukaran gagasan di antara para administrator dan karyawan dalam suatu perusahaan, dalam struktur lengkap yang khas disertai pertukaran gagasan secara horisontal dan vertikal di dalam perusahaan, sehingga pekerjaan berjalan [operasi dan manajemen]
·         Komunikasi Eksternal
Komunikasi antara pimpinan organisasi [perusahaan] dengan khalayak audience di luar organisasi.
         
Komunikasi Administrasi  adalah penyampaian pesan secara timbal balik diantara anggota untuk menumbuhkan saling pengertian dalam rangka mencapai tujuan organisasi secara effektif dan effisien.
1. Proses penggunaan lambang sekelompok orang /lebih
2. Komunikasi antar pesona
3. Sebagai proses / dilakukan dalam rangka kerjasama. “ Give and take” timbal balik / bilateral
4. Penggunaan lambang bersama – sama oleh anggota organisasi
5. Komunikasi yang bersifat internal
6. Komunikasi yang berorientasi pada tujuan organisasi yang efektif dan effisien

Ciri – ciri khusus Komunikasi Administrasi :
·         Informasi harus berasal dari dan di peruntukan bagi anggota organisasi sendiri
·         Informasi harus ada relevansinya dengan pelaksanaan tugas dan tujuan organisasi
·         Informasi harus mendukung pelaksanaan tugas dan tujuan organisasi

Iklan untuk dapat menjual hasil produksinya secara luas kepada masyarakat konsumen yang tidak terbatas setiap pengusaha tentu berusaha mempengaruhi jumlah permintaan akan barang-barang hasil produksi perusahaannya dengan memanfaatkan faktor-faktor marketing mix yang harus dikuasai setiap pengusaha meliputi unsur-unsur :
o perencanaan produksi
o penentuan merek dagang
o penentuan bentuk kemasan
o kebijaksanaan harga
o penyusunan saluran penjualan
o penjualan secara pribadi
o periklanan dan promos
Periklanan bisnis tersebut selain memberikan informasi melalui media secara tertulis maupun lisan tetapi juga menempuh cara-cara yang bersifat demontrasi seperti memperagakan produk secara langsung pada suatu kesempatan. Iklan bisnis dapat terbagi atas:

1. Iklan bisnis industri
Yang dimaksud dengan iklan bisnis industri adalah iklan yang ditujukan kepada kalangan bisnis dan industri awan. Yang diharapkan dari kalangan tersebut ialah penggunaan secara langsung hasil suatu industri atau kemampuannya untuk mempengaruhi relasi bisnis atau industrinya untuk menggunakan produk tertentu.

2. Iklan bisnis dagang
Iklan yang ditujukan kepada kalangan pedagang ( umumnya berupa pedagang kecil, pedagang keliling, pedagang eceran ) yang diharapkan dapat membeli langsung hasil produksi suatu industri kemudian dapat diperdagangkan lagi kepada relasinya apakah itu pedagang ataupun konsumen.

3. Iklan bisnis professional
Adalah yang ditujukan kepada kalangan profesional untuk memperkenalkan barang, jasa yang secara khusus hanya dipergunakan oleh kalangan tersebut. Yang dimaksud profesional adalah mereka yang bekerja berdasarkan suatu etik dan aturan-aturan serta norma-norma profesi tertentu. Misalnya guru, dosen, dokter, insiyur, akuntan, pengacara, ahli mesin, dan lain-lain.

Beberapa alasan utama mengapa para pengusaha menggunakan iklan untuk berkomunikasi dalam dunia usaha / bisnis Disamping untuk menjual barang atau jasa, periklanan juga membantu :
1.Mendorong para pengusaha berproduksi dan membuat barang yang lebih baik karena timbulnya permintaan yang lebih banyak terhadap barang yang dibuatnya.
2.Mendorong penyaluran dan penyebaran yang lebih cepat, karena masyarakat konsumen dan para pengecer merasakan kebutuhan akan barang tersebut
3. Meningkatkan penggunaan suatu barang atau jasa
4. Mengumumkan adanya penawaran istimewa.
5. Memberitahukan perusahaan yang mendukung pembuatan barang tersebut.
6. Mempengaruhi orang-orang yang dapat mempengaruhi calon-calon
pembeli Untuk menghadapi persaingan



Komunikasi dalam Pertemuan dan Rapat

1. Pertemuan
            Pertemuan merupakan forum yang sangat diperlukan untuk menghinpun bahan – bahan. Pertemuan – pertemuan dalam dunia usaha dapat dilakukan antara pimpinan dengan para stafnya, tetapi juga dapat dilakukan diantara staf sendiri untuk meyusun usulan atau pertemuan pleno yang dikuti oleh semua unsur yang ada. Namun pertemuan – pertemuan yang diselenggarakan tidak dimaksudkan untuk membuat keputusan melainkanhanya untuk menghimpun pendapat. Komunikasi dala pertemuan tersebut dapat dilaksanakan dengan menghimpun laporan , saran dan juga pendapat.

2. Rapat
            Rapat juga merupakan pertemuan yang memilki kewenangan untuk membuat keputusan. Untuk menyelenggrakan rapat perlu diperhatikan sebagai hal – hal berikut:
• Undangan Rapat
• Pengaraturan Ruang Rapat
• Perlengkapan Rapat

            Untuk membuat rapat undangan hendaknya tidak terlalu banyak uraian melainkan singkat dan jelas untuk meyebutkan hari, tanggal, waktu dan tempat rapat. Pengaturan tempat duduk pada dasarnya ditentukan oleh jumlah peserta rapat dan luas ruangan rapat. Pada bagian terpenting adalah pengambilan keputusan yang dilaksanakan secara musyawarah untuk mufakat., bila cara ini tidak dicapai tetntunya akan ditempuh dengan cara pengambilan suara terbanyak.

3. Komunikasi dalam Pertemuan dan Rapat
            Di dalam pertemuan dan rapat biasanya peserta harus menyadari posisinya dalam forum tersebut. Tiap peserta hendaknya:
• Mampu berkomunikasi secara jujur
• Mampu berperan sebagai komunikator yang berpartisipasi aktif
• Mampu berperan sebagai komunikan yang sangat responsif
• Mampu berperan sebagai penyelaras yang sangat bijaksana
• Mampu mengendalikan diri

4. Teknik Berbicara, Membaca, dan Mendengarkan
            Berbicara merupakan bagian terpenting dari komunikasi yang dipandang paling efektif. Disamping itu keberhasilan orang berbicara sangat dipengaruhi oleh luasnya pengetahuan yang dimilki, banyaknya pengalaman yang dimiliki dan intelegensinya. Karena berbicara sebagai alat untuk mengungkapkan pikiran dan perasaannya, akan dapat lancar bila tidak ada gangguan teknis seperti gugup, grogi dan sebagainya.

            Selain teknik berbicara, perlu juga diperhatikan teknik membaca. Membaca pada dasarnya adalah menyampaikan pikiran dan perasaan orang yang tulisannya sedang dibaca. Untuk itu diperlukan kemampuan lebih baik lagi daripada kemampuan berbicara, karena dibutuhkan kemampuan menangkap dan memahami isi si penulis dan sekaligus memahami kemampuan yang mendengarkannya.

            Demikian halnya dengan mendengarkan, nampaknya lebih mudah namun sesungguhnya mendengarkan harus didukung olek sikap ingin tahu, sabar dan mampu mencernakan isi suara yang didengar. Untuk dapat mendengarkan dengan baik diperlukan konsentrasi dan kepekaan indera pendengaran kita. Kemampuan berkomunikasi yang paling rendah efektifitasnya adalah mendengarkan. Mendengarkan juga memerlukan objektifitasnya, maksudnya anda akan berempati ketika mendengarkan tanpa terbawa emosi.

5. Menyusun Pesan
            Manakala kegiatan bisnis sudah menjadi persoalan global aktifitas yang hanya mengandalkan sepak tejang individu menjadi tidak efesien lagi. Gerakan bisnis abad ini merupakan gerakan massal, yang melibatkan banyak orang, banyak alat, dan banyak bangsa. Oleh karena itu peranan organisasi dalam bisnis sangat menentukan. Komunikasi merupakan kekuatan utama dalam membentuk organisasi. Ada tiga unsur pokok organisasi, salah satunya adalah komunikasi, yang lain adalah tuhuan orgnisasi seta kemauan.
            Peranan komunikasi dalam menciptakan dan memelihara otoritas yang obyektif di dalam organisasi adalah:
• Seharusnya ada saluran komunikasi formal setiap anggota organisasi
• Jalur komunikasi seharusnya langsung dan sependek mungkin
• Garis komunikasi formal secara keseluruhan
• Orang – orang bekerja sebagai pusat pengatur komunikasi
• Setiap komunikasi harus dipisahkan

            Informasi adalah sah dalam proses komunikasi apapun, karena informasi itulah yang menentukan tujuan yang hendak dicapai. Beberapa informasi yang menimbulkan reaksi – reaksi terhadap komunikan adalah:
• Membuat kesalahan
• Menunda atu menumpuk pekerjaan
• Penyaringan
• Hanya menangkap garis besarnya saja
• Menghindari informasi
            Sementara itu bahwa, komuniaksi adalah sumber hidup perusahaan dan sarana untuk mencapai serta mewujudkan sesuatu yang dikehendaki. Komunikasi cenderung lebih merupakan suatu teknik daripada suatu sikap. Oleh karena itu, waktu yang dimiliki seorang manajer hampir selalu tersita untuk hal – hal berikut ini:
• Menyampaikan informasi atau gagasan kepada atasan untuk mempengaruhi pengambilan keputusan
• Memberikan arahan ke manajer dengan berbagai informasi untuk membantu kelancaran mereka
• Menyampaikann beberapa informasi kepada stafnya
• Mengatur dan menetapkan strategi
• Menerima dan mengartikan penampilan – penampilan untuk semua orang yang bekerja baginya


Jumat, 26 April 2013


UNSUR – UNSUR KOMUNIKASI
SUMBER
            Sumber adalah dasar yang digunakan dalam menyampaikan pesan dan digunakan dalam rangka memperkuat pesan itu sendiri. Sumber dapat berupa orang , lembaga, buku, dokumen dan sejenisnya.

KOMUNIKATOR
            Komunikator adalah pihak yang bertindak sebagai pengirim pesan dalam sebuah proses komunikasi. Dengan kata lain, komunikator merupakan seseorang atau sekelompok orang yang berinisiatif untuk menjadi sumber dalam sebuah hubungan. Seorang komunikator tidak hanya berperan dalam menyampaikan pesan kepada penerima, namun juga memberikan respons dan tanggapan, serta menjawab pertanyaan dan masukan yang disampaikan oleh penerima, dan publik yang terkena dampak dari proses komunikasi yang berlangsung, baik secara langsungmaupun tidak langsung.

PESAN
            Pesan adalah keseluruhan dari apa yang disampaikan olehkomunikator. Pesan seharusnya mempunyai inti pesan atau tema sebagaipengaruh di dalam usaha mencoba mengubah sikap dan tingkah lakukomunikan. Pesan dapat disampaikan panjang lebar, namun yang perludiperhatikan dan diarahkan adalah tujuan akhir dari pesan itu sendiri.Pesan (message) terdiri dari dua aspek, yaitu isi pesan (The contentof message) dan lambing/symbol untuk mengekspresikannya. Lambang utama pada komunikasi umumnya adalah bahasa, karena hanya bahasalahyang dapat mengungkapkan pikiran dan perasaan, fakta dan opini hal yangkongkrit dan abstrak, pengalaman yang sudah lalu dan yang akan datangdan sebagainya.Pesan merupakan seperangkat lambang bermakna yangdisampaikan oleh komunikator. Pesan dapat berupa gagasan, pendapatdan sebagainya yang sudah dituangkan dalam suatu bentuk dan melalui lambang komunikasi diteruskan kepada orang lain atau komunikan.

Menurut Hanafi ada tiga factor yang perlu dipertimbangkan dalam pesan,yaitu :
a. Kode pesan, adalah sekumpulan symbol yang dapat disusunsedemikian rupa, sehingga bermakna bagi seseorang.
b. Isi pesan, adalah bahan atau material yang dipilih sumber untukmenyatakan maksudnya.
c. Wujud pesan, adalah keputusan-keputusan yang dibuat sumbermengenai bagaimana cara sebaiknya menyampaikan maksud-maksuddalam bentuk pesan.

Menurut De Vito pesan yang disampaikan mengena padasasarannya, maka suatu pesan harus memenuhi syarat-syarat :
a. Pesan harus direncanakan secara baik-baik, serta sesuai dengankebutuhan kita.
b. Pesan tersebut dapat menggunakan bahasa yang dapat dimengertikedua belah pihak.
c. Pesan harus menarik minat dan kebutuhan pribadi penerima serta menimbulkan kepuasan.


SALURAN / MEDIA
            Saluran adalah Suatu saluran penyampaian pesan, biasa juga disebut dengan Media. Media komunikasi dapat dikategorikandalam dua bagian yaitu, Media Umu dan Media Massa. Media umum adalah Media yang dapat digunakan oleh segala benuk komunikasi. Contohnya : Radio. Sedangkan Media Massa adalah Media yang digunakan  untuk komunikasi massa yang sifatnnya missal. Contohnya : Televisi.

EFEK
            Efek adalah hasil akhir dari suatu komukasi, yaitu sikap dan tingkah laku orang, sesuai atau tidak dengan yang kita inginkan. Apabila sikap dan tingkah laku itu sesuai maka iu berarti komunikasi berhasil, demikian pula sebaliknya. Efek ini sesungguhnya dapat dilihat dari personal opinion, public opinion dan majority opinion.

·         Personal opinion
Pendapat pibadi, hal ini dapat merupakan akibat atau hasil yang diperoleh dari komunikasi. Personal opinion adalah sikap dan pendapat seseorang terhadap sesuatu masalah tertentu.

·         Public opinion
Sering kita artikan sebagai pendapat umum. Pengertiannya adalah penilaian social mengenai sesuatu hal yang penting dan berarti atas dasar pertukaran pikiran yang dilakukan individu secara sadar dan rasional.

·         Majority opinion
Pendapat sebagian terbesar dari public atau masyarakat. Jika kita berbicara tentang opinion atau pendapat makan kita sering mendengar opinion leader. Opinion leader ialah orang yang secara informal membimbing dan mengarahkan suatu opini tertenti kepada masyarakat.

KOMUNIKASI
            Komunikasi dapat kita golongkan dalam tiga jenis yaitu, Personal, Kelompok dan Massa. Dari segi sasarannya maka komunikasi ditujukan atau diarahkan ke dalam komunikai personal, komunikasi kelompok, dan komunikasi massa.

·         Komunikasi Pesonal
Komunikasi yang ditujukan kepada sasarn yang tunggal. Bentuknya bisa tuka pikiran dan sebagainya. Komunikasi personal efektivitasnya paling tinggi karena komunikasinya timbal balik dan terkonsentrasi.

·         Komunikasi Kelompok
Komunikasi yang ditujukan kepada kelompok tertentu. Kelompok tertentu satu adalah suatu kumpulan manusia yang mempunyai hubungan social yang nyata dan memperlihatkan struktur yang nyata pula. Bentuk – bentuk komunikasi kelompok adalah ceramah ,breefing, dll. Komunikasi kelompok lebih efektif dalam pembentukan sikap personal daripada komunikasi massa namun kurang efisien, sebaliknya kurang efektif dibanding dengan komunikasi personal tapi lebih efisien.

·         Komunikassi massa
Komunikasi yang ditujukan kepada massa atau komunikasi yang menggunakan media massa. Massa adalah kumpulan orang – orang yang hubungan antar sosialnya tidak jelas dan tidak mempunyai struktur tertentu. Komunikasi massa sangat efisien karena dapat menjangkau daerah yang luas dan audience yang praktis tak terbatas, namun komunikasi massa tidak kemudian dapat langsung diterima oleh massa, tetapi melalui opinion leader ialah yang kemudian menterjemahkan apa yang disampaikan dalam komunikasi massa itu kepada komunika.



Jumat, 05 April 2013



ADERA – MELEWATKANMU

Melewatkanmu di lembaran hariku
Selalu terhenti di batas senyumanmu
Walau berakhir cinta kita berdua
Hati ini tak ingin dan selalu berdusta

Lupakanmu takkan mudah bagiku
Selalu ku coba namun aku tak mampu
Membuang semua kisah yang telah berlalu
Di sudut relung hatiku yang membisu ku merindukanmu

Harusnya ku telah melewatkanmu
Menghapuskanmu dari dalam benakku
Namun ternyata sulit bagiku
Merelakanmu pergi dari hatiku

Selalu ingin dekat tubuhmu
Namun aku tak bisa karena kau telah bahagia

Harusnya ku telah melewatkanmu
Menghapuskanmu dari dalam benakku
Namun ternyata sulit bagiku
Merelakanmu pergi dari hatiku (hatiku)

Selalu ingin dekat tubuhmu
Namun aku tak bisa, namun aku tak bisa
Karena kau telah bahagia

KAKAOTALK



Apa itu Kakaotalk ??

KakaoTalk adalah aplikasi software yang dapat didownload untuk perangkat mobile yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan termasuk foto, video, dan informasi kontak, baik secara satu-ke-satu dan dalam kelompok-kelompok, semuanya gratis. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda hanya perlu memasukkan nomor telepon Anda tanpa registrasi atau log-in.

Nikmati free chatting kelompok atau satu per satu dimanapun di dunia  :
1.      Jasa pendukung Stabil lebih dari 10 juta pengguna 
2.      Peringkat No 1 aplikasi komunikasi gratis di Android Market 
3.      Group chat tak terbatas dalam jumlah teman-teman yang dapat berpartisipasi 
4.      Voice note yang dimainkan dengan Android atau perangkat lunak operasi iPhone
5.      Fitur untuk menambah teman dengan ID mereka dan juga dengan nomor telepon mereka 

            KakaoTalk adalah nomor telepon layanan berbasis messenger service yang memungkinkan pengguna iPhone dan android mana saja di dunia untuk chat satu-ke-satu atau dalam kelompok secara gratis. (bukan layanan SMS) 

            Notifikasi yang langsung diberitahukan dengan Push Alert dan Anda dapat mengirim berbagai multimedia seperti gambar, video, dan nomor kontak telepon. 
Nikmati KakaoTalk dengan teman, saudara, dan keluarga dan pengalaman di dunia multimedia chatting. 

Daftar Terbaru Fitur Baru 

1. voice note fitur tambahan 
2. Mengatur background untuk setiap chat room 
3. Sebuah kedatangan pesan baru tidak untuk memicu bergulir-down di chat room 
4. Preview sebelum mengirimkan gambar atau informasi kontak 
5. Mengatur ukuran pesan font 
6. Jumlah teman-teman yang akan ditampilkan 
7. Mengaktifkan batas untuk memilih gambar dalam pengaturan gambar profil atau kulit chatroom 

Sabtu, 30 Maret 2013


WeChat ??
Apa itu WeChat ??
WeChat adalah aplikasi chatting lintas ponsel yang sedang digemari terutama kaum muda. Selain fitur bertukar pesan singkat, WeChat juga menawarkan fitur lain yang menarik seperti video chat, berbagi foto, hold-to-talk voice messaging, shake to find friends, dan masih banyak yang lainnya.
Aplikasi ini mendukung beberapa sistem operasi mobile seperti iOS, Android, Symbian, Windows Phone, dan BlackBerry. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk chatting, berbagi gambar, dan sebagainya lintas sistem operasi, seperti aplikasi WhatsApp dan Line.
Bila Anda pengguna BlackBerry dan tertarik untuk menginstal aplikasi ini ke BlackBerry Anda, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan, seperti mengunduh aplikasi WeChat dan membuat akunnya. Berikut ini cara mendaftar dan menggunakan WeChat:

Cara Daftar WeChat
Download aplikasi WeChat dari situs resminya dan instal sesuai dengan jenis perangkat Anda. Ada dua cara daftar WeChat, pertama adalah menggunakan nomor telepon smartphone Anda dan mendaftar dengan menggunakan akun Facebook Anda.

A.    Daftar menggunakan nomor telepon Bila Anda sudah pernah menggunakan WhatsApp maka Anda pasti familiar dengan cara daftar WeChat, karena cara pendaftarannya serupa. Pertama buka aplikasi WeChat dan pilih  “sign up with phone number”. Selanjtnya masukkan nomor telepon Anda tanpa angka “0” di depan.

Lalu, tunggu kode verifikasi yang akan dikirim lewat SMS dan setelah SMS verifikasi datang buka dan masukkan kode verifikasi pada aplikasi WeChat lalu pilih “Next”.  Setelah ini akan tampak fitur-fitur dari WeChat, geser terus ke kanan lalu tekan tombol “Enter” dan Anda sudah resmi terdaftar dan bisa mulai menggunakan WeChat.

B.     Daftar Wechat menggunakan akun Facebook Cukup hanya dengan memasukkan username dan password Facebook Anda di dalam aplikasi WeChat ini maka otomatis kita sudah terdaftar dan menghubungkan Facebook dengan aplikasi WeChat.

Cara Menggunakan Wechat
Kita akan membahas tentang fitur-fitur utama dari WeChat dan cara penggunaannya. Karena tampilan dan cara pemakaian yang relatif mudah dan bersahabat fitur-fitur ini akan dapat Anda kuasai setelah beberapa kali mencoba. Berikut ini cara menggunakan WeChat.

A.    Merubah ID WeChat 


Jika BlackBerry Messenger memiliki PIN, WeChat juga memiliki hal serupa yakni WeChat ID. Bawaannya, WeChat ID berbentuk angka panjang, namun kita bisa mengubahnya dengan karakter yang kita inginkan. Namun WebChat ID ini hanya dapat diganti satu kali saja. Pastikan Anda sudah menemukan ID yang pas dan tidak ingin Anda ganti dalam masa-masa mendatang. Cara merubahnya cukup mudah yakni jalankan aplikasi WeChat, masuk ke menu “Setting MyWebChat ID Account” lalu masukkan ID yang Anda kehendaki

B.     Menambah kontak WeChat
      

      Cara menambah kontak atau add friends WeChat, buka aplikasi WeChat di BlackBerry Anda dan pilih menu “Social add” lalu pilih “Contacts”. Cara lain menambah teman WeChat adalah dengan bertukar WeChat ID, setelah Anda tahu ID WeChat kawan Anda, Anda bisa memasukkannya dengan memilih menu “Add by ID”. Cara lain lagi adalah dengan bertukar nomor telepon dan yang terakhir adalah mencari lewat teman Facebook. Anda bisa menambah kontak WeChat dengan akun teman Facebook Anda bila yang bersangkutan sudah menggunakan WeChat.

C.     Merubah bahasa yang digunakan di WeChat 

      Secara default, WeChat menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa dalam aplikasinya. Bila Anda ingin menggantinya Anda hanya perlu memilih pilihan “Setting General Language” dan ubah ke bahasa yang Anda inginkan.

D.    Voice messaging 

      Fitur ini layaknya seperti walkie talkie dan caranya pun semudah menggunakan walkie talkie, yaitu pada saat chatting, tekan gambar not nada di sebelah kiri bawah lalu tekan “Hold to Talk” dan tahan tombol ini sambil mengucapkan pesan Anda. Lepaskan tombol untuk mengirim pesan suara ini secara otomatis.

E.     Shake 

      Fitur unik ini berfungsi untuk menambah teman dengan menggoyangkan ponsel. Dengan kita menggoyangkan smartphone kita dengan WeChat maka kita semacam memberi sinyal bahwa kita sedang mencari teman. Tekan tombol “Social” lalu pilih “Shake” dan goyangkan ponsel kita maka WeChat akan melacak ID WebChat yang juga sedang mencari teman dan mempertemukannya. Bila Anda ingin menambah ID tersebut cukup tekan “Send” dan tunggu konfirmasi dari ID yang bersangkutan.

F.      Look around

      Fitur ini adalah fitur mencari pengguna WeChat yang berlokasi dekat dengan Anda. Caranya pun mudah yakni dengan menekan tombol “Social” dan lanjutkan dengan menekan tombol “Look Around” lalu lakukan pengaturan lokasi dan otomatis WeChat akan mencari pengguna WeChat yang sedang berada dalam jangkauan lokasi Anda. Anda pun bisa menambah kontak WeChat Anda melalui fitur ini. Cukup dengan melihat profil ID WebChat yang tampil dalam pencarian lalu klik “Send”.

G.    Drift bottle 

      Terinspirasi dari pesan dalam botol yang dibuang dan bila beruntung nanti bisa diketemukan orang lain, WeChat pun menyuguhkan hal yang serupa. Kita bisa melempar kontak kita ke dunia WeChat dan menunggu ada orang yang menemukannya dan menghubungi kita bila kontak WeChat itu berkenan. Caranya adalah dengan memilih “Social” di layar utama dan pilih “Drift Bottle”. Kita juga dapat melacak botol yang dibuang orang-orang dengan cara tekan “Pick”, maka sistem akan melacak botol-botol yang telah dilemparkan pemiliknya di dunia WeChat. Pilih akun yang membuat Anda tertarik dan Anda bisa menyapanya lalu menambahkannya sebagai kontak WeChat.

H.    Facebook connect 

      Dengan akun WeChat yang sudah terhubung dengan akun Facebook Anda, Anda juga dapat chatting Facebook lewat WeChat. Di layar awal tekan tombol “Facebook Connect” dan masukkan detail login Facebook Anda.

I.       Emoticon 

      Tidak seperti BlackBerry Messenger yang emoticon-nya sudah kuno, WeChat menyediakan emoticon baru, lucu, dan unik. Kita juga dapat menambah emoticon kita dan melihat emoticon terbaru yang keluar, bahkan ada emoticon Gangnam Style yang tentunya akan membuat kegiatan chatting Anda menjadi lebih seru. Cara menampilkannya adalah dengan menekan tombol “smiley” di sebelah kolom chat teks, maka menu emoticon akan keluar.

J.       Group Chat 

      Layaknya aplikasi chatting yang lainnya, WeChat juga menyediakan fitur group chat atau chatting beramai-ramai dalam satu ruangan chat. Caranya adalah dengan menekan tombol “Chat” lalu tekan tombol tongkat sihir di pojok kanan atas layar.

WeChat telah digunakan lebih dari 200 juta pengguna di seluruh dunia. Anda bisa berhubungan dengan lebih banyak orang, karena aplikasi WeChat ini tidak terbatas untuk satu sistem operasi mobile saja, Anda bisa terhubung dengan sesama pengguna BlackBerry, pengguna iPhone, pengguna Android, dan seterusnya. Gunakan aplikasi ini untuk menambah teman dan memperluas pergaulan Anda. Selamat mencoba. (LH)

Sumber :
http://ciricara.com/2013/03/26/ciricara-cara-mendaftar-dan-menggunakan-wechat/

Rabu, 27 Maret 2013



Gaya Hidup dan Penampilan dalam 

berkomunikasi

1.      Gaya Hidup

     Gaya hidup menurut Kotler (2002, p. 192)adalah pola hidup seseorang di dunia yang iekspresikan dalam aktivitas, minat, dan opininya. Gaya hidup menggambarkan “keseluruhan diri seseorang” dalam berinteraksi dengan lingkungannya.
Gaya hidup menggambarkan seluruh pola seseorang dalam beraksi dan berinteraksi di dunia. Menurut Assael (1984, p. 252), gaya hidup adalah “A mode of living that is identified by how people spend their time (activities), what they consider important in their environment (interest), and what they think of themselves and the world around them (opinions)”.

     Secara umum dapat diartikan sebagai suatu gaya hidup yang dikenali dengan bagaimana orang menghabiskan waktunya (aktivitas), apa yang penting orang pertimbangkan pada lingkungan (minat), dan apa yang orang pikirkan tentang diri sendiri dan dunia di sekitar (opini). Sedangkan menurut Minor dan Mowen (2002, p. 282), gaya hidup adalah menunjukkan bagaimana orang hidup, bagaimana membelanjakan uangnya, dan bagaimana mengalokasikan waktu. Selain itu, gaya hidup menurut Suratno dan Rismiati (2001, p. 174) adalah pola hidup seseorang dalam dunia kehidupan sehari-hari yang dinyatakan dalam kegiatan, minat dan pendapat yang bersangkutan. Gaya hidup mencerminkan keseluruhan pribadi yang berinteraksi dengan lingkungan.
Dari berbagai di atas dapat disimpulkan bahwa gaya hidup adalah pola hidup seseorang yang dinyatakan dalam kegiatan, minat dan pendapatnya dalam membelanjakan uangnya dan bagaimana mengalokasikan waktu. Faktor-faktor utama pembentuk gaya hidup dapat dibagi menjadi dua yaitu secara demografis dan psikografis. Faktor demografis misalnya berdasarkan tingkat pendidikan, usia, tingkat penghasilan dan jenis kelamin, sedangkan faktor psikografis lebih kompleks karena indikator penyusunnya dari karakteristik konsumen.

2.      Pengaturan waktu
Pengaturan Waktu adalah membuat dan melakukan jadwal belajar agar dapat mengatur dan memprioritaskan belajarmu dalam konteks membagi waktu dengan aktivitas, keluarga, dan lain-lain.
Pedoman:
§  Perhatikan waktumu.
§  Refleksikan bagaimana kamu menghabiskan waktumu.
§  Sadarilah kapan kamu menghabiskan waktumu dengan sia-sia.
§  Ketahuilah kapan kamu produktif.

3.      Faktor – factor keberhasilan karier

1. KETERAMPILAN DASAR, Membaca, menulis dan berhitung! Percaya atau tidak, sebagian yang baik dari lulusan SMA (dan beberapa lulusan perguruan tinggi) tidak membaca pada tingkat kelas 8 dan tidak bisa melakukan perkalian di kepala mereka. Pengusaha sedang mencari karyawan yang bisa membaca dengan baik, dapat menulis koheren, dan siapa yang dapat menghitung matematika di lingkungan bisnis (pecahan, persentase, dll). Tambahan lagi untuk keahlian mengoperasikan computer, dan kemampuan untuk menggunakan sebagian alat komputerisasi (misalnya mesin fax, program Microsoft,, dll) untuk melengkapi set keterampilan dasar yang dibutuhkan untuk pekerjaan yang sukses.

2. KETERAMPILAN PRIBADI, Dapatkah seorang karyawan potensial berbicara dengan baik? Bisakah dia menjawab pertanyaan pelanggan dengan cara yang positif informatif? Dapatkah prospek memberikan layanan pelanggan yang baik? Sementara tidak semua orang memiliki kepribadian penjualan yang mau dikeluarkannya. Karyawan sukses dapat berkomunikasi dengan cara non-konfrontatif, positif dengan rekan kerja mereka, anggota tim, bawahan, manajemen, dan pelanggan. Mampu bekerja dengan baik dengan orang lain adalah keterampilan penting bagi keberhasilan dalam semua tugas.

3. PENCAPAIAN PEKERJAAN. Pencarian pekerjaan adalah satu proses yang membutuhkan banyak dedikasi dan perhatian. Ini mengikuti prinsip lama yang banyak disebut programmer sebagai GIGO (Garbage In, Garbage Out). Jika Anda tidak berusaha dengan baik, Anda akan menerima hasil yang buruk. Pengusaha sedang mencari karyawan yang tahu bagaimana menampilkan diri dengan cara yang positif dan antusiasme yang mereka tampilkan kepada perusahaan. Tidak hanya calon yang dievaluasi dari keterampilan dan pengalaman mereka, tetapi juga bagaimana mereka mendekati pencarian kerja. Antusias calon karyawan dengan keterampilan lebih sedikit memiliki kesempatan yang lebih untuk mendapatkan pekerjaan sebagai kandidat yang tidak dipandang dengan keterampilan yang lebih baik.

4. KESELAMATAN KERJA. Sekarang ada topik panas di masa PHK. Siapa yang di PHK maupun yang tidak seringkali merupakan masalah kinerja. Karyawan yang telah secara konsisten menunjukkan nilai mereka, mengambil inisiatif, dan membuat diri mereka sebagai aset berharga bagi perusahaan memiliki insiden lebih rendah untuk di PHK daripada karyawan yang berupaya biasa-biasa saja atau rata-rata dalam pekerjaan mereka. Bertahan dalam perusahaan melalui PHK atau bergerak menaiki tangga karir adalah keterampilan sukses yang perlu dipelajari dan secara sadar diusahakan kalangan profesional yang sukses.

5. PENGEMBANGAN PROFESIONAL. Di abad 21 ini, teknologi sudah semakin canggih dan Anda perlu mempelajarinya atau Anda akan “terbakar” dalam lingkungan sekarang. Meningkatkan keterampilan baru, menerapkan konsep-konsep baru, memperbarui keterampilan secara mapan adalah kebutuhan mutlak untuk berhasil dalam dunia kerja saat ini. Individu yang sukses terus menghadiri seminar, mengambil kelas, mencapai pelatihan tentang produk baru atau rilis, dan sebaliknya belajar keterampilan baru yang akan membuat mereka berharga dalam karier mereka. Orang sukses adalah pelajar seumur hidup. Pengusaha mencari orang yang memiliki pelatihan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

6. PENGEMBANGAN KARIR. Pengembangan karir berbeda dari poin nomor 5 diatas. Pengembangan Profesional adalah belajar sementara Pengembangan Karir adalah proses perencanaan dan penetapan tujuan. Orang sukses merancang sebuah rencana karir dengan tujuan tertulis untuk jangka pendek dan jangka panjang. Mereka mempersiapkan langkah yang diperlukan untuk memindahkan karir mereka dari titik A ke titik B dalam kurun waktu tertentu dan membuat rencana bagaimana mereka akan mencapai langkah-langkah tersebut. Orang-orang sukses memiliki seseorang untuk siapa mereka bertanggung jawab atas kemajuan mereka dan siapa yang akan memantau keberhasilan mereka dalam mencapai tujuan mereka. Pengusaha mencari individu yang (percaya atau tidak) ingin berkomitmen untuk perusahaan untuk jangka waktu yang panjang. Kemajuan karir yang baik adalah nilai jual yang tinggi.

4.      Penampilan serasi
     Penampilan serasi merupakan suatu hal yang penting bagi setiap orang, baik dalam lingkungan keluarga, sekolah, maupun di tempat pekerjaan. Dengan selalu berpenampilan serasi dan menarik maka kita akan dihormati, disegani, dan dipercayai oleh orang lain. Sebaliknya kepada orang-orang dengan penampilan seronok, tidak menarik, dan tidak serasi biasanya orang lain tidak menyukainya.

Orang dapat dikatakan berpenampilan serasi apa bila memenuhi persyaratan berikut ini.

• Model, corak dan warna bahan pakaian yang dikenakan sesuai dengan warna kulit si pemakai
• Model pakaian yang digunakan haruslah sesuai dengan usia si pemakai
• Memilih busana yang sesuai dengan waktu pemakaian
• Berbusana sesuai dengan tempat dan keadaan cuaca
• Kombinasi pakaian secara keseluruhan sesuai dengan model, warna, corak, dan lain-lain.

Pada umumnya kepribadian seseorang dapat dinilai dari cara orang tersebut berpakaian dan berpenampilan. Dan didalam kenyataannya orang yang berkepribadian baik cenderung memperhatikan penampilannya. Berpenampilan serasi ini tercermin dari cara berhias yang menarik, cara berbusana yang rapi, dan ekspresi wajah yang menarik.

Untuk lebih jelasnya berikut ini diuraikan prinsip-prinsip berpenampilan serasi :

Penampilan serasi dengan cara berhias
Penampilan serasi dapat terlihat dari cara seseorang dalam berhias. Didalam berhias hendaknya tidak berlebihan, agar tidak terkesan norak atau kampungan. Berpenampilan serasi dengan cara berhias adalah menjadi keharusan bagi setiap orang, terlebih lagi bagi tenaga pemasaran, atau pelayan yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Seorang pelayan atau sekretaris yang berpenampilan serasi dengan cara berhias diharapkan dapat menarik simpatik dari para kolega dan pelanggan.

Penampilan serasi dengan cara berbusana yang baik
Berpenampilan serasi dapat pula dilihat dari cara berpakaian atau berbusana. Agar dapat berbusana yang rapi maka seseorang harus memperhatikan mode, warna, corak, jenis pakaian, dan perlengkapan pakaian yang dikenakan. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah mengenakan perlengkapan busana, karena perlengkapan busana ini berfungsi memperindah atau menambah keindahan. Perlengkapan busana tersebut diantaranya adalah sepatu, kaos kaki, topi/kopiah, tas, dasi, ikat pinggang, sarung tangan dan lain-lain.

Penampilan serasi dengan ekspresi wajah
Berpenampilan serasi akan bertambah indah dan menarik apabila disertai dengan ekspresi wajah yang simpatik, sopan, ramah murah senyum dan sebagainya. Oleh karena itu dalam berhubungan dengan pelanggan seorang pelayan sebaiknya melakukan hal-hal berikut ini :
• Melakukan kontak mata langsung dengan disertai senyum agar menun- jukkan kesiapan dan keseriusan dalam melayani kolega dan pelanggan
• Menghindari ekspresi wajah yang murung dengan mata menatap kebawah atau kepada suatu benda
• Menghindari ekspresi wajah dengan mata yang berkerut atau menyipit, karena hal itu menunjukkan sikap yang tidak bersahabat serta terkesan tidak memperhatikan pelanggan
• Menampilkan senyuman manis dengan menghindari bibir yang rapat dan kaku atau digigit-gigit
• Menengakkan posisi wajah atau kepala agar menunjukkan kesiapan dan keseriusan dalam melayani kolega dan pelanggan.

5.      Simbol komunikasi

     Secara etimologis, simbol berasal dari kata Yunani ”sym-ballein”melemparkan bersama sesuatu (benda, perbuatan) dikaitkan dengan suatuide. Adapula yang menyebutkan ”simbolos” yang berarti tanda atau ciriyang memberitahukan sesuatu hal kepada seseorang. Biasanya simbolterjadi berdasarkan metonimi (metonimy), yakni nama untuk benda lainyang berasosiasi atau yang menjadi atributnya (misalnya Si kacamatauntuk seseorang yang berkacamata) dan metafora (methapor), yaitupemakaian kata atau ungkapan lain untuk obyek atau konsep lainberdasarkan kias atau persamaan (misalnya kaki gunung, kai meja,berdasarkan kias pada kaki manusia)9Simbol adalah sesuatu atau sebagai kata yang digunakan untukmenyampaikan pesan. Simbol juga diartikan sebagai sesuatu (benda, dsb)yang melambangkan sesuatu. 10 Simbol sendiri juga bisa dimanifestasikanmelalui sebuah benda, gambar maupun simbol. Jadi setiap benda maupunyang ada disekitar kita memiliki kapasitas untuk menyampaikan pesanatau maksud yang ingin disampaikan oleh orang yang membuat simbol. Seperti yang dikatakan Dedy Mulyana bahwa pada dasarnya komunikasiitu ada dua macam yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non verbal.Komunikasi verbal meliputi komunikasi secara lisan atau bahasa.Sedangkan komunikasi nonverbal adalah komunikasi dengan menggunakan alat - alat tubuh. ( m i m i k , r a u t , d a n gerak) serta simbol-simbollain.