Minggu, 05 Mei 2013


LANDASAN PEMIKIRAN KOMUNIKASI BISNIS

BISNIS : Adalah kegiatan sistem ekonomi yang diarahkan pada manajemen dan distribusi hasil industri dan jasa profesional, yang mendatangkan keuntungan. Esensi dari kegiatan bisnis adalah sebuah kesibukan.

KOMUNIKASI
Sering diartikan sebagai transfer informasi atau pesan-pesan (messages) dari pengirim pesan (komunikator) kepada penerima (komunikan). Dengan catatan bahwa proses tersebut tertujuan mencapai saling pengertian.

Bisnis dan komunikasi sama-sama memulai kegiatannya dengan kegiatan produksi.
Dalam komunikasi: yang diproduksi dinamakan informasi
Dalam bisnis: yang diproduksi: barang dan jasa.

Dalam kegiatan kedua, menyampaikan produk tersebut thd pihak lain. Dalam komunikasi pihak lain disebut dengan komunikator, audience, destination.
Dalam bisnis: pihak lain disebut dengan konsumen, klien, buyer dan seterusnya.

Ketiga : komunikasi dan bisnis sama-sama menimbulkan reaksi tertentu.

Keempat: keduanya mempunyai hambatan-hambatan yang spesifik.

PROSES KOMUNIKASI BISNIS/ORGANISASI
Proses komunikasi antar orang perorangan atau perusahaan melibatkan lima elemen pokok:
1.    Pemberi pesan (sender atau encoder)
2.    Pesan yang diberikan (message)
3.    Jalur dan Media Komunikasi (communication channel and media)
4.    Penerima pesan (receiver, audience atau decoder)
5.    Tanggapan atau umpan balik

·        Pemberi pesan: Tanggung jawab pemberi pesan adalah memformulasikan pesan yang akan mereka berikan sehingga dapat dimengerti sepenuhnya oleh penerima pesan

·        Pesan yang diberikan : pesan yang diberikan pemberi pesan terdiri dari simbol-simbol yang menggambarkan informasi, pendapat, petunjuk, penjelasan, perintah, usul, pertanyaan dan larangan yang disampaikan

·        Simbol-simbol tersebut dapat berbentuk verbal (menggunakan kata-kata secara lisan maupun tulisan) ataupun non verbal (tanpa kata-kata)

·        Pesan yang akan disampaikan organisasi seringkali cukup kompleks dan rumit, sehingga membutuhkan persiapan yang matang dan media yang canggih.

·        Jalur dan Media: pesan yang ingin diberikan pemberi pesan dapat disampaikan melalui 2 jalur utama : written channel (jalur tulisan) dan jalur lisan (verbal and oral channel)

·        Penerima pesan (receiver atau decoder) adalah mereka yang menerima pesan tertulis atau lisan.

·        Bagaimana penerima pesan mengartikan atau bereaksi terhadap pesan yang mereka terima antara lain dipengaruhi oleh persepsi dan sikap mereka terhadap pembawa pesan

Kendala Efektivitas Komunikasi Organisasi/Bisnis  
-     Penafsiran kata-kata yang dipergunakan (interpretation of words)
-         Batas ruang lingkup pesan (abstraction)
-         Sikap, opini dan emosi (attitudes, opinions and emotions).

Pesan yang gagal lebih karena:
·        Tidak ada tujuan komunikasi yang jelas (lack of objective setting)
·        Problem sikap dan persepsi
·        Pemilihan bentuk dan media yang kurang tepat
·        Lingkungan organisatoris yang tidak mendukung
·        Menahan sebagian informasi yang diperlukan
·        Problem Bahasa Pengantar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar