LANDASAN
PEMIKIRAN KOMUNIKASI BISNIS
BISNIS : Adalah kegiatan sistem ekonomi yang diarahkan pada
manajemen dan distribusi hasil industri dan jasa profesional, yang mendatangkan
keuntungan. Esensi dari kegiatan bisnis adalah sebuah kesibukan.
KOMUNIKASI
Sering diartikan
sebagai transfer informasi atau pesan-pesan (messages) dari pengirim pesan
(komunikator) kepada penerima (komunikan). Dengan catatan bahwa proses tersebut
tertujuan mencapai saling pengertian.
Bisnis dan
komunikasi sama-sama memulai kegiatannya dengan kegiatan produksi.
Dalam komunikasi: yang diproduksi dinamakan informasi
Dalam bisnis: yang diproduksi: barang dan jasa.
Dalam komunikasi: yang diproduksi dinamakan informasi
Dalam bisnis: yang diproduksi: barang dan jasa.
Dalam kegiatan
kedua, menyampaikan produk tersebut thd pihak lain. Dalam komunikasi pihak lain
disebut dengan komunikator, audience, destination.
Dalam bisnis: pihak lain disebut dengan konsumen, klien, buyer dan seterusnya.
Dalam bisnis: pihak lain disebut dengan konsumen, klien, buyer dan seterusnya.
Ketiga :
komunikasi dan bisnis sama-sama menimbulkan reaksi tertentu.
Keempat: keduanya
mempunyai hambatan-hambatan yang spesifik.
PROSES KOMUNIKASI BISNIS/ORGANISASI
Proses komunikasi
antar orang perorangan atau perusahaan melibatkan lima elemen pokok:
1. Pemberi
pesan (sender atau encoder)
2. Pesan
yang diberikan (message)
3. Jalur
dan Media Komunikasi (communication channel and media)
4. Penerima
pesan (receiver, audience atau decoder)
5. Tanggapan
atau umpan balik
· Pemberi
pesan: Tanggung jawab pemberi pesan adalah memformulasikan pesan yang akan
mereka berikan sehingga dapat dimengerti sepenuhnya oleh penerima pesan
· Pesan
yang diberikan : pesan yang diberikan pemberi pesan terdiri dari simbol-simbol
yang menggambarkan informasi, pendapat, petunjuk, penjelasan, perintah, usul,
pertanyaan dan larangan yang disampaikan
· Simbol-simbol
tersebut dapat berbentuk verbal (menggunakan kata-kata secara lisan maupun
tulisan) ataupun non verbal (tanpa kata-kata)
· Pesan
yang akan disampaikan organisasi seringkali cukup kompleks dan rumit, sehingga
membutuhkan persiapan yang matang dan media yang canggih.
· Jalur
dan Media: pesan yang ingin diberikan pemberi pesan dapat disampaikan melalui 2 jalur utama : written
channel (jalur tulisan) dan jalur lisan (verbal and oral channel)
· Penerima
pesan (receiver atau decoder) adalah mereka yang menerima pesan
tertulis atau lisan.
· Bagaimana
penerima pesan mengartikan atau bereaksi terhadap pesan yang mereka terima
antara lain dipengaruhi oleh persepsi dan sikap mereka terhadap pembawa pesan
Kendala Efektivitas Komunikasi
Organisasi/Bisnis
-
Penafsiran kata-kata yang dipergunakan (interpretation of words)
- Batas
ruang lingkup pesan (abstraction)
- Sikap,
opini dan emosi (attitudes, opinions and emotions).
Pesan yang gagal lebih karena:
· Tidak
ada tujuan komunikasi yang jelas (lack of objective setting)
· Problem
sikap dan persepsi
· Pemilihan
bentuk dan media yang kurang tepat
· Lingkungan
organisatoris yang tidak mendukung
· Menahan
sebagian informasi yang diperlukan
· Problem
Bahasa Pengantar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar